Ashar Yahya Lantik Pengurus PSTI Kota Palu, Tekankan Organisasi Cabor Harus Sehat

Sekretaris Umum Pengprov PSTI Sulteng Ashar Yahya melantik dan mengukuhkan pengurus PSTI Kota Palu peridoe 2022-2026 di Aula Dikjar Provinsi Sulteng, Sabtu malam (23/7/2023).

PALU – Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Sulawesi Tengah, Ashar Yahya melantik dan mengukuhkan pengurus PSTI Kota Palu masa bakti 2022-2026 yang dipimpin Revi Arifin Passau, Sabtu malam (22/7/2023) di Aula Dinas Dikjar Kota Palu.

Mantan anggota DPRD Kota Palu ini mengatakan, sejalan dengan garis kebijakan Ketua Umum PSTI Provinsi Sulteng Dr Hj Vera Rompas Mastura, PSTI di seluruh provinsi Sulteng diminta fokus pada pemassalan atlet di daerahnya.

“Apalagi Palu adalah contoh semua kabupaten yang ada di Sulteng. Kedepan agar PSTI Kota Palu membina sebanyak-banyaknya atlet sepak takraw dari kecamatan sampai ke kelurahan,” ujar Ashar Kabid Organisasi KONI Sulteng.

Bacaan Lainnya

Ashar melanjutkan, PSTI Sulteng yang belum lama dilantik ini akan mengagendakan rapat kerja organisasi yang fokus membahas kepada pembinaan atlet. Upaya yang dilakukan membentuk pemusatan latihan atlet sepak takraw di tingkat Provinsi.

“Bahwa khusus untuk takraw akan dipusatkan di GOR Gawalise diserahkan kepada PSTI untuk dikelola. Termasuk GOR itu nantinya sebagai TC atlet Pra PON cabor sepak takraw,” ujar Ashar.

Pada kesempatan melantik itu, Ashar meminta semua organisasi cabor menjadi organisasi yang sehat. Cabor yang sehat ditandai dengan banyaknya event serta berprestasi.

“Organisasi cabang olahraga dianggap sehat, wajib penuhi dua hal  yaitu organisasinya sehat dan prestasinya berjaya. Bila tidak memenuhi dua unsur tersebut organisasi itu dianggap sakit,” ujar Ashar Yahya.

Selaku pengurus KONI Sulteng, Ashar tidak menampik prestasi olahraga di Sulteng bisa jaya jika cabornya jaya. Di KONI Sulteng, dari 54 cabang olahraga, hanya 25 persen saja atau sekitar 15 cabor yang sehat.

Pada kesempatan itu, Ashar meminta PSTI Kota Palu tidak gaduh terkait kepengurusan PSTI Sulteng sekarang. Dalam kepengurusan PSTI Sulteng periode  2023-2027 hampir semuanya diisi orang baru, dengan harapan PSTI Sulteng yang sebelumnya selalu gaduh, bisa berbenah menjadi organisasi yang solid dan berprestasi.

“Hari ini berbenah, kalau revisi ada waktunya dan melihat perkembangan yang ada,” ujar Ashar Yahya.

 

 

Revi Dilantik, Tokoh dan Atlet Takraw Diberikan Penghargaan

Pemberian Penghargaan Kepada pelopor sepak takraw pada malam pelantikan PSTI Kota Palu di Aula Dinas Dikjar Sulteng, Sabtu (23/7/2023)

PELANTIKAN Pengurus PSTI Kota Palu dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada tokoh serta atlet sepak takraw yang punya sejarah atas kemajuan sepak takraw di Kota Palu.

Pemberian penghargaan itu sebagai bentuk kepedulian Ketua Umum PSTI Kota Palu Revi Arifin Passau serta pengurus kepada para seniornya.

Atlet sepak takraw yang mendapat penghargaan yaitu Fahrizal Zubir, Hasmanto, dan Abdul Malik. Ketiganya atlet sepak takraw dari Kota Palu yang berhasil mengharumkan nama kota Palu sampai ke tingkat nasional. Prestasi yang diraih ketiganya berhasil membawa Kota Palu juara umum Porda serta meraih medali pada PON era 1990-an.

Sementara tokoh yang diberikan penghargaan yaitu  Dahyar Moh Karim, Tomi, Iskandar Zulkarnaen dan Hardiman. Keempat tokoh ini termasuk pelopor berdirinya sepak takraw di Kota Palu dan atlet pertama yang mengembangkan cabang olahraga sepak takraw.

Pelantikan PSTI Kota Palu dimeriahkan dengan tampilan freestyle atlet sepak takraw dari SMAN Olahraga Tadulako Palu.

Pada kesempatan itu hadir Anggota DPRD Kota Palu Hidayat Pakamundi, Kadispora Kota Palu Moh Akhir Armansyah, Ketua Perbakin Sulteng H Sarifudin serta Sekum PSTI Sulteng Ashar Yahya.

Revi Arifin Passau dalam sambutannya, mengatakan PSTI Kota Palu satu-satunya pengurus dari semua pengurus di Sulteng yang konsisten membentuk atlet sejak dini, bahkan atletnya banyak yang diambil daerah lain hingga provinsi lain.

Karena itu, Revi juga meminta perhatian dari PSTI Provinsi maupun KONI agar lebih selektif terkait aturan mutasi atlet baik Porprov.

Di kepengurusannya sekarang, program yang akan digalakkan PSTI Kota Palu mengadakan event liga pelajar di Kota Palu. “Insya Allah kompetisi tingkat SMP ataupun SMA, kita akan bikin supaya atlet-atlet sepak takraw di Kota Palu ini makin giat semangat latihan,” ujar Revi, mantan anggota DPRD Kota Palu. (bar)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *