Atlet Dayung Sulteng Emas, Asuhan Pattiha Sumbang Perunggu Kejuaraan Rowing Asia 2022

Asuhan Pattiha, atlet Sulteng Emas Kejuaraan Rowing Asia, Thailand 2022.

PALU, konisulteng.or.id – Pedayung Sulawesi Tengah (Sulteng) Emas, Asuhan Pattiha meraih perunggu dalam Kejuaraan Asia 2022 di Ban Chang, Thailand, 30 November-4 Desember 2022. Asuhan turun di nomor Quadruple Sculls Putra (M4X), bersama atlet dari provinsi lain Kakan Kusmana, Sulpianto, dan Rendi Setia Maulana.

“Asuhan dkk finish urutan ketiga medali perunggu usai di final finis dengan waktu 06:32,146 detik,” kata pelatih dayung Sulteng, Serma Wahyu Aristina, Senin (5/12).

Dalam Kejuaraan Rowing Asia 2022 ini, Indonesia membawa pulang satu medali emas dan tiga perunggu dari 16 nomor nomor perlombaan yang diikuti. Satu emas dari nomor M2X dan tiga perunggu masing-masing dari M4X, W4X, dan M2-.

Bacaan Lainnya

Menurut Ayu, panggilan akrab Wahyu Aristina, atlet-atlet rowing yang mengikuti kejuaraan ini dipersiapkan untuk event yang lebih besar, Asian Games XIX/2023 di Hangzhou China. “Hadirnya Asuhan dalam program pelatnas PPON Kemenpora ini menguntungkan bagi Sulteng karena Asuhan ini aset yang dipersiapkan mengikuti PON 2024,” kata Ayu yang pernah menjadi atlet dayung meraih emas PON.

Ayu menambahkan, selain Asuhan, pedayung Sulteng yang tengah mengikuti pelatnas Kemenpora yaitu Rio Rizky Darmawan. Baik Rio, dan Asuhan, akan dipersiapkan mengikuti Kejurnas Dayung pada 11 Desember 2022. Nomor yang diikuti kejurnas nanti nomor M1X dan M4X diantaranya Rio, Ahmad Tarmizi,Riski Umar dan Asuhan. “Program pembinaan baik dari Kemenpora maupun juga dari PODSI Sulteng ini sudah berkesinambungan. Harapannya tahun depan 2023 itu sudah persiapan Prakualifikasi PON, jadi perlu dipermantap lagi,” kata Ayu. (*)

 

Sumber : Media Center KONI Sulteng

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *