Gubernur Buka Open Water Festival Sport 2022, Tahun Depan Berskala Internasional

Pembukaan Open Water Sport Festival 2022 di Tanjung Karang Donggala, 3 Desember 2022.

PALU, konisulteng.or.id – Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura membuka Open Water Sport Festival di Tanjung Karang Donggala, Sabtu (3/12). Pembukaan kegiatan ini dihadiri Bupati Donggala Kasman Lassa, Wakil Kapolda Sulteng Brigjen Hery Santoso, Kepala Dinas Pariwisata Sulteng Diah Agustiningsih, Ketua Umum KONI Sulteng Nizar Rahmatu AIFO, Dirut Bank Sulteng serta Dir Pol Air Polda Sulteng Kombes pol Indra Rathana selaku ketua panitia.

 

Gubernur dalam sambutan pembukaan mengatakan, Sulawesi Tengah memiliki potensi sumber daya alam yang memiliki potensi pariwisata dunia, sehingga perlu diekspos dan diekspor melalui kegiatan yang berskala nasional dan Internasional. “Tahun 2023 saya minta kegiatan ini bisa ditingkatkan bertaraf internasional,” kata Rusdy Mastura.

Bacaan Lainnya

 

Open Water Sport Festival kata Gubernur, selain sebagai ajang pemanasan atlet OWS Sulteng ke Pekan Olahraga Nasional 2024 dan Porprov Banggai 2022, juga sebagai sarana promosi wisatawan untuk datang ke Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Donggala. Gubernur menilai sektor pariwisata di Kabupaten Donggala khususnya wisata pantai perlu ditingkatkan . Olehnya gubernur menjanjikan APBD akan datang, pemerintah provinsi Sulteng akan mengalokasi dana untuk peningkatan sektor pariwisata di Kabupaten Donggala. “”Tahun 2023 ajang ini bisa ditingkatkan Kegiatan Open Water Sport Festival Berskala Internasional,” kata Gubernur.

 

Gubernur juga mengapresiasi upaya Direktorat Polair Polda Sulteng dan KONI Sulawesi Tengah yang menginisiasi kegiatan OWSF yang diikuti 30  fotografer berlisensi internasional dan 50 atlet Renang perairan terbuka.

 

Sementara itu, Ketua Umum KONI Sulteng, M Nizar Rahmatu menyebut sinergitas membangun olahraga di daerah sampai ke tingkat nasional ada dalam  Perpres 86 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

 

Sinergitas membangun olahraga, kata Nizar sangat dibutuhkan apalagi di bidang Sport Tourism yang tercantum dalam undang-undang keolahragaan nasional. Hal itu pula ditekankan oleh gubernur kepada KONI Sulteng agar membangun sinergitas dalam bidang Sport Tourism.  “Alhamdulillah, ini sudah terwujud berkat semangat bapak Kapolda Sulteng dalam hal pengembangan Sport Tourism di wilayah Sulawesi Tengah,” kata Nizar.

 

Indra Rathana menambahkan kegiatan open water sport festival  mempertandingkan fotografi bawah laut, renang perairan terbuka dan orientasi bawah laut. Open water swimming memperlombakan lintasan 3.000 meter dan 1.000 meter.

 

Inrda menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas inisiasi dan dorongan Kapolda Sulteng, Gubernur, Ketua KONI Provinsi Sulawesi Tengah.  Kegiatan Openwater Sport Festival , mempertandingkan Underwater , dimana pemenang lomba Underwater akan mengikuti Lomba Underwater Internasional yang akan dilaksanakan di Berlin Jerman.

Selanjutnya kegiatan ini akan mempertandingkan Open Swiming dengan panjang 200- 300M sampai 2.000 M, adapun hadiah yang diperebutkan sebesar Rp. 270 Juta.

Wakapolda Provinsi Sulawesi Tengah Brigjen Pol. Heri Santoso , S.Ik, MH, menyampaikan terimakasih atas kepercayaan dari Bapak Gubernur , Ketua KONI dan Kadis Parawisata  kepada Polri untuk penyelenggaraan Open Water Sport Festival.

“Semoga Pelaksanaan Iven ini tidak mengecewakan Bapak Gubernur , Ketua Umum KONI dan Kadis Parawisata, dan tadi amanat Gubernur supaya Tahun Depan dilaksanakan Kegiatan Water Sport ini berskala Internasional, kami sangat senang dan siap untuk melaksanakan kegiatan Water Sport yang bertarap internasional,” ujar Wakapolda.

“Kita berterikasih kepada Gubernur yang memperikan perhatian yang sangat besar terhadap pelaksanaan kegiatan peningkatan Olahraga dan kegiatan apapun di Sulawesi Tengah dan Siap mendukung dari segi Anggaran , Sehingga Saat ini Sulawesi Tengah sangat dikenal di Kencah Nasional dan Internasional,” imbuh Wakapolda.

Wakapolda menyampaikan kiranya kegiatan ini akan dapat memberikan informasi terhadap pengembangan Wisata Sulawesi Tengah . Wakapolda menyampaikan potensi sulawesi tengah dibidang parawisata sangat besar oleh terus kita kembangkan sehinga kunjungan wisata di sulawesi tengah dapat signifikan meningkat.

Dan Gubernur menyampaikan bahwa Iven Open Water Sport Festival dapat melahirkan Bibit Bibit Unggul untuk dapat berprestasi  yang berskala Nasional dan Internasional.

Pada Kesempatan itu Gubernur menyampaikan bahwa Water Sport Festival merupakan Olah raga wisata sehingga Gubernur Meminta Agar kegiatan Open Water Sport Festival dapat dilaksanakan dengan berskala internasional.

Pada Kesempatan itu Gubernur meminta Kepada Bupati agar terus meningkatkan Fasilitas pendukung Parawisata di Kabupaten Donggala , Berikan anggaran yang besar dalam peningkatan Potensi Parawisata Kabupaten Donggala “Nanti Kami Support Dari Provinsi Kata Gubernur”

Gubernur Juga meminta kepada Dinas Parawisata Provinsi Ibu Diah Agustiningsih , Agar membuat Desain Pengembangan Parawisata Sulawesi Tengah , Sewa Konsultan Untuk membuat Desain terhadap potensi dan Pengembangan Parawisata Sulawesi Tengah.

Selanjutnya Pengembangan Parawisata juga harus memiliki Semangan Pemberdayaan , Olehnya Kepala Dinas Parawisata dapat Membuat Program Pengembangan Rumah Masyarakat pada Lokasi Wisata menjadi Homestay , dengan cara biayai renovasi Rumah Warga 2 Kamar , Buat beberapa rumah seperti di Tentena ,dan Bada dilakukan pembinaan dan masyarakat yang menyewakan hasilnya buat mereka.

Selanjutnya Gubernur membuka Kegiatan Open Water Sport Festival dengan resmi didampingi Wakapolda, Ketua Koni , Ketua PRSI , Dirut Bank Sulteng , Kepala Bandara Sis-Aljufri Mutiara Palu, Kadis Parawisata Sulawesi Tengah. (*)

 

sumber : media center KONI Sulteng, PPID Pemprov Sulteng

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *