Inilah Daftar Teratas Cabor Berprestasi Sulteng Emas Selama 2022

Azzahra Permatahani

SELAMA 2022, induk organisasi cabang olahraga di Provinsi Sulawesi Tengah telah menunjukkan geliat. Berikut rangkuman cabang olahraga yang menonjol prestasi di berbagai event kejuaraan nasional bahkan internasional.

Daftar ini berdasarkan pengamatan media berdasarkan hasil kejurnas dan bisa menjadi perbandingan dan ukuran untuk program Sulteng Emas 2024.

 

Bacaan Lainnya

Pertama, renang.

Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2022, GBK Aquatic Stadium

Dengan hadirnya atlet kontrak Azzahra Permatahani dkk termasuk atlet muda Jeremy Elyon, olahraga renang berada pada jajaran top cabor Sulteng emas yang bisa memberikan kejuatan luar biasa bagi Sulteng pada PON 2024.

Hasil Kejurnas Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2022 di GBK Akuatik Stadium, Juli 2022, PRSI Sulteng berada di peringkat 10 besar, urutan ke-8 dengan meraih 5 emas  4 perak  4 perunggu.

Keping medali emas FAI 2022 dipersembahkan atlet muda yang bergabung dengan Sulteng Emas.  Jeremy Elyon Master Ganesha nomor 50 meter gaya punggung putra sekaligus memecahkan rekor nasional kelompok umur 2 (14-15 tahun) 27 dtk 69 second. Catatan ini memecahkan rekor lama 27,69 detik milik A,A Gede Oka Satria yang tercipta di Jakarta pada 2018 lalu.

Atlet lainnya yang bersinar ajang FAI yaitu Jonathan Farel Christanto (15 tahun) dan Alexander Adrian (14 tahun).  Termasuk atlet senior senior Sofie Kemala, pemegang rekor nasional gaya punggung putri senior dengan catatan waktu terbaiknya 29 dtk 47 second di Bandung tahun 2016.

Hasil FAI belum menggambarkan kekuatan PRSI Sulteng sesungguhnya. Beberapa atlet renang senior tidak turun atlet unggulan Azzahra Permatahani peraih emas SEA Games 2014 sekaligus pemegang rekor nasional 200 meter gaya dada putri dan 200 meter gaya ganti putri. Kemudian, I Gede Siman yang meraih 2 emas FAI tidak masuk hitungan medali Sulteng ajang FAI karena belum masuk dalam daftar atlet Sulteng.

 

Kedua, Gateball.

Gateball Sulteng Kejurnas Jogyakarta 2022.

Hasil terakhir di ajang Kejurnas, Pergatsi Sulawesi Tengah sukses menjadi juara umum pada kejuaraan nasional Gateball di Yogyakarta, 5-10 November 2022. Pergatsi Sulteng membawa pulang 3 emas 1 perak dan 1 perunggu. Hasil tersebut mengantar Pergatsi Sulteng Juara umum kejurnas Gateball 2022.

Pergatsi Sulteng membuktikan Sulteng menjadi barometer gateball di Indonesia, berhasil mengalahkan tuan rumah PON 2024 Provinsi Sumatera Utara di urutan kedua meraih 2 emas, 2 perak. Di urutan ketiga ditempati provinsi Sulawesi Utara dengan perolehan 2 emas.

Hasil Kejurnas di Banten 2021 dengan meraih 1 emas, Pergatsi Sulteng berhasil memperbaiki peringkat pada tahun 2022.

 

Ketiga, Dayung.

Kejurnas Dayung 2022, Cipule.

Hasil Kejurnas Dayung Tahun 2022 di Situ Cipule Karawang, 8-17 Desember 2022, Tim dayung Sulteng berhasil meraih 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu. 2 emas di nomor M4- oleh pedayung Sulteng Rio Riski Darmawan, Asuhan Pattiha, Rizki Umar dan  Ahmad Tarmizi Ngurawan. 1 emas lagi di nomor M2- oleh Rio Riski Darmawan dan Rizki Umar.

Hadirnya Asuhan yang dikontrak Pokja Sulteng Emas membuktikan daya gempur atlet dayung Sulteng bisa berbicara di kancah nasional. Apalagi Rio Riski yang berada dalam performa terbaiknya pada usia sekarang bisa diandalkan pada PON 2024. Rio Rizki dan Asuhan kini masih digembleng di pelatnas persiapan Asian Games, yang bisa menjadi senjata bagi Sulteng meraih emas PON 2024.

Komposisi atlet dayung kejurnas Cipule ini sama dengan atlet yang mengikuti PON Papua. Hanya saja perlu menjadi perhatian soal fasilitas perahu lomba yang tidak dimiliki Provinsi Sulteng. Perahu lomba harganya mencapai Rp2 miliar satu set. Daerah lain bahkan tetangga Sulteng, Provinsi seperti Sulawesi Tenggara telah memiliki perahu lomba sendiri.

Sementara PON Papua, PODSI Sulteng meminjam perahu yang kualitasnya dibawah Jatim, Jabar dan Sultra. 2 emas Kejurnas Cipule membuktikan dengan perahu spesifikasi sama, Sulteng bisa juara di ajang nasional.

Peluang emas makin terbuka, Rio sejak mengikuti pelatnas dari 2018 ini mendulang medali berbagai event internasional. Di kejuaraan dayung Ghent Spring Rowing Regatta 2022 April, Rio Rizki Darmawan berhasil meraih 2 medali perak nomor 2- Putra kelas berat dan ringan berpasangan dengan Jefri Adrianto Suwarno.

Rio juga meraih medali emas Asian Games 2018 Jakarta Palembang, SEA Games 2021 Vietnam.

Sementara Asuhan Pattiha meraih perunggu dalam Kejuaraan Asia 2022 di Ban Chang, Thailand, 30 November-4 Desember 2022. Asuhan turun di nomor Quadruple Sculls Putra (M4X), bersama atlet dari provinsi lain Kakan Kusmana, Sulpianto, dan Rendi Setia Maulana.

Tugas bagi PODSI menyatukan formula kekuatan atlet serta dengan tersedianya fasilitas perahu spesialis lomba empacher.

 

Keempat, Taekwondo.

UKT taekwondo Sulteng 2022.

Taekwondo membuktikan sebagai cabor yang selalu mendulang medali emas. PON Papua taekwondo membuktikan satu-satunya cabor yang meraih emas.

Potensi emas PON 2024, Pengprov TI Sulteng membuktikan taekwondo konsisten berada dalam cabor yang paling aktif dalam event lokal, maupun kejurnas dan paling aktif dalam pembinaan kadet atau usia dini, serta jumlah atlet terbanyak se Sulteng.

Pada kejurnas wilayah V Makassar, Taekwondo Sulawesi Tengah memborong 11 emas, 5 perak dan 18 perunggu di ajang Kejuaraan Nasional Wilayah 5, di GOR Sudiang Kota Makassar mulai 25-27 November 2022. Ajang yang diperuntukkan bagi taekwondoin kelompok umur junior kebawah ini, taekwondoin Sulteng membawa piala juara umum dari 10 lebih provinsi peserta kejuaraan.

Provinsi Sulteng keluar sebagai juara umum 1. Di posisi kedua ditempati kontingen tuan rumah Sulawesi Selatan dengan raihan medali 7 emas, 10 perak dan 17 perunggu. Untuk posisi 3 besar ditempati oleh kontingen Gorontalo dengan raihan medali 2 emas, 3 perak.

Hasil Central Celebes Open Taekwondo 2022 di Sulteng, yang diikuti 1200 atlet dari 7 provinsi ini memberi gambaran klub taekwondo Sulteng Taekwondo Family dan Taekwondo Dragon Club berhasil mendominasi dari 7 provinsi peserta.

 

Kelima Atletik.

Skuad atletik Sulteng seleksi Jateng Open 022 di Stadion mini Petobo Palu.

Nofeldi Petingko satu-satunya atlet lari asal Sulteng yang kini menghuni pelatnas PB PASI persiapan SEA Games 2023. Dari beberapa event nasional, termasuk Jateng Open 2022, Nofeldi mampu membuktikan jajaran pelari terbaik di jarak menengah 5 km dan 10 km.

Peraih medali perak 10 km PON Papua ini membawa pulang 2 medali perak pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik Jawa Tengah Open 2022 di Stadion Tri Juang Semarang, 1-3 Maret. 2 medali perak dipersembahkan pelari andalan Sulteng Nofeldi Petingko nomor lari 10.000 meter dan 5.000 meter.

Meskipun catatan waktunya agak lambat, performa Nofeldi bisa digenjot lagi melalui program pemusatan latihan Sulteng Emas persiapan PON 2024. Apalagi pria asal Poso ini meninggalkan pekerjaannya di PT Poso energy dan memilih berkarir di pelatnas, membuat Nofeldi bisa fokus mengejar targetnya.

Selama 2022 Nofeldi dua kali mengikuti event internasional, yakni Islamic Soladirity Games di Konya Turki  pada 9-18 Agustus 2022 dan Thailand Open Track and Field Championships 2022 di National Athletics Centre in Samkhog, Pathumthani, Thailand, 28 November  – 2 Desember 2022. Nofeldi meraih perunggu nomor andalannya 10.000 meter.

 

Keenam, Kickboxing

Kejurnas kickboxing Riau 2022

Kick Boxing meskipun baru dibentuk di Sulteng, namun induk organisasi yang dipimpin Irvan Aryanto menunjukkan kelasnya sebagai cabang olahraga yang layak dalam olahraga unggulan Sulteng Emas.

Tim Kickboxing Indonesia (KBI) Sulawesi Tengah meraih tiga medali di Kejurnas KBI 2022 yang berlangsung di Batam Kepulauan Riau, 5-9 Oktober 2022. Ketiga medali tersebut masing-masing disumbangkan  Alharjun yang meraih medali perak  di kelas Fighting Senior 71 kg Putra. Lalu, medali perunggu direbut Ariflan di kelas Full Contact  51 kg Senior Putra dan Syaiful juga di kelas Full Contact  57 kg Senior Putra.

PON 2021 Papua , Kickboxing termasuk cabor eksebisi, KBI Sulteng meraih 1 emas melalui atlet Alharjun.

 

Ketujuh, Karate.

Tim Karate Sulteng Kejurnas di Padang, 2022

Karate sebagai olahraga tradisi medali Sulteng setiap PON, punya potensi medali. Dari hasil kejurnas, Empat karateka Sulawesi Tengah membawa pulang 4 medali dari mengikuti Kejuaraan Nasional karate di Padang Sumatera Barat, yang berakhir 6 November 2022.

Empat karateka memperoleh medali perunggu masing-masing, Tri Fachrianti kelas kumite -61 kg putri (Inkado), Tio Tiraly Sambentiro kelas kumite kadet -52 kg putra (Wadokai), Syifa Salsabila Botingin kelas kumite kadet -47 kg putri dan Miftah Fauzan kelas kumite senior -55 kg putra (Inkanas).

Dibutuhkan kerja keras bagi FORKI agar karate layak menjadi unggulan Sulteng emas.

 

Kedelapan, Balap Motor.

Carlos Domelos

Carlos Domelos sebagai pembalap fenomenal Sulteng yang berhasil memecahkan medali pertama kali balap motor sepanjang Sulteng mengikuti PON, pada PON Papua lalu meraih medali perunggu, kini mengejar target bisa meraih medali lagi PON 2024.

Peraih sapu bersih 2 emas Porprov beregu dan perorangan ini, konsisten dalam prestasi balapnya baik kejurnas wilayah maupun open di luar provinsi Sulteng.

Carlos bersaing dengan pembalap seniornya Herman Bass asal Sulsel, juga pembalap Papua Fahmi Basam dan Pembalap Jateng Wawan Wello.

 

Kesembilan, BILIAR.

Ardin Wiranata atlet Sulawesi Tengah, berhadapan dengan Papua Barat dinomor pertandingan32 Besar 9-ball Single Putra di GOR Billiard SP-5 Mimika, Selasa(12/10/2021) (Foto : PB PON XX Papua 2021 / Aripin) pertandingan ini dimenangkan Sulawesi Tengah dengan skor 9-5.

Ardin Wiranata alias Ardy The Killer, layak menjadikan cabor biliar sebagai cabor unggulan Sulteng Emas. Atlet multitalenta ini menunjukkan performa meningkat selama berbagai event sirkuit nasional biliar.

Atlet asal Kampung Pasar Masomba Palu pernah membuat geger pada Seri Kejurnas Biliar Pool Circuit Nasional POBSI 2022.  Seri 3 yang dilaksanakan di Pekanbaru Riau, Ardin Wiranata alias Ardi The Killer menumbangkan atlet biliar no 1 Indonesia Zulfikri (Jawa Barat) skor 7-4, sukses mengantarkan Ardi melaju babak 16 besar.

Olehnya, Ardi perlu diasah dengan berbagai event sehingga mental sebagai atlet 10 besar nasional bola 9 ini bisa makin mantap.

 

Kesepuluh, Paralayang

Skuad Paralayang Sulteng

Sulawesi Tengah (Sulteng) menduduki empat besar pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Cross Country Race to Goal (XC)Trenggalek 2022. Sulteng berada di bawah Provinsi Jawa Timur urutan pertama, menyusul Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

Peluang Sulteng meraih medali bahkan medali emas sangat terbuka. Hanya saja, Sulteng hanya mengirimkan empat atlet mengikuti nomor beregu,sementara Jawa Timur, Jawa Tengah dan DKI mengirimkan tujuh atlet.

Selama 2022 FASI Sulteng gencar mengikuti event paralayang di tingkat nasional maupun internasional. Di Sulteng dua kali diselenggarakan event paralayang internasional di Parigi Moutong. Serta sekali event Pre World Cup Paralayang di Sigi.

 

Sebelas, Petanque

Double men petanque, bersama pelatih Andi Brilin AIFO

Perlu kerja keras bagi petanque agar layak menjadi cabor Sulteng Emas. FOPI Sulteng membawa pulang satu perunggu ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Petanque di Cilegon, Banten, 16 Oktober 2022. Perolehan ini sama dengan prestasi Prakualifikasi PON 2019 silam.

Satu perunggu dipersembahkan atlet Andirudin dan Firmansyah nomor double men. Kedua atlet ini berhasil meraih juara tiga bersama setelah ditumbangkan DKI Jakarta skor 14-9 pada babak semifinal. Sebelumnya Sulteng berhasil menyingkirkan NTB pada babak 8 besar dan berjuang di babak penyisihan dari 19 provinsi di Indonesia terbagi 4 pool. Atas perolehan ini, Sulteng berada di posisi ke-13 atau terakhir bersama 7 provinsi. (bar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *