Jelang Pra PON 2024, Atlet Rowing Sulteng Tes Fisik Tahap Awal

Atlet dayung rowing tes fisik awal persiapan PON 2024 di halaman Kantor Dispora, Selasa (31/1/2023)

PALU, konisulteng – 15 atlet dayung rowing Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengikuti tes fisik tahap awal persiapan Prakualifikasi PON (Pra PON) 2024. Tes dilaksanakan di lapangan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulteng, Selasa (31/1).

Kepala Pelatih Rowing Hanes Dayon Auna, mengatakan tes fisik tahap awal meliputi flexibility, speed, power, muscle strength, anaerobic end dan vo2max,“Tes fisik berlangsung selama tiga hari, dan setelahnya tes kecabangan, ” kata Hanes.

Pelatih Rowing Sulteng – Hanes Dayon Auna

Hanes melibatkan staf pelatih rowing Rohyana, Sucipto dan Sudirman. Serta pelatih Canoe Dirlan membantu tes fisik yang dilaksanakan pagi itu. Hanes dibantu Wahyu Aristina, eks pelatih PON Papua, prajurit TNI AL, peraih medali emas PON.

Bacaan Lainnya

Atlet rowing yang mengikuti tes diantaranya peraih medali perunggu PON Papua Ahmad Tarmizi, sementara pasangannya Rio Riski Darmawan tengah mengikuti pelatnas di Jakarta bersama Asuhan atlet Sulteng Emas.

Atlet rowing yang bergabung latihan yaitu Satwan (Skipper), Ahmad Tarmizi, Riski Umar, Rifaldi Pasaribu, Marcelino Sigi, Nirwan, Roy Fitrawan, Juan Felix, dan Chandra Tualemo. Sementara atlet rowing putri yang bergabung yaitu Rukmini dan Adita. Atlet canoe binaan PPLP juga turut bergabung yaitu, Valentino Moula, Abdul Azis dan atlet putri Eka.

“Akan bergabung semua atlet yang berasal dari luar daerah seperti Cinta dan Abdul Azis dari kabupaten Banggai,” kata Hanes.

Menurut Hanes, pemusatan latihan dayung berlangsung mandiri sejak selesai PON Papua. Dari awal 2022, atlet dayung pemusatan latihan di Palu persiapan beberapa event termasuk Kejurnas. “Selesai Porprov ini baru dipetakan kembali untuk nomor-nomor yang akan diikuti, sekaligus tes fisik tahap awal ini bertujuan untuk mengetahui  data awal fisik atlet untuk latihan fokus persiapan Pra PON,” ujar Hanes.

Sementara itu, Wahyu Aristina mengatakan, 15 atlet rowing mengikuti 12 nomor serta nomor baru rowing costal yang diperlombakan Prakualifikasi PON 2024. 12 nomor yang akan diikuti yaitu LM1X, M1X, LM2X, M2X, M2-, M40, M4X, dan 8+. Untuk nomor putri yang akan diikuti nomor LW1X, W1X, w4X, dan W2X.

“Pra PON dayung akan dilaksanakan tahun 2023, sementara rowing costal karena harus berlomba di air bergelombang akan diputuskan melalui TD di Bali, Juni,” kata Ayu. (*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *