Khatulistiwa Marathon 2023, Ajang Kualifikasi PON XXI/2024 Aceh – Sumut

Peserta Equator 10 K Parimo 2022 lalu. Tahun ini akan digelar Khatulistiwa Marathon 2023 sekaligus Kualifikasi PON 2024, pada tanggal 21 Mei 2023 di Tugu Khatulistiwa desa Khatulistiwa kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong.
Rapat bersama dengan Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Sulawesi tengah, Disporpar Kabupaten Parimo, Pengprov PASI Sulteng, KONI Sulteng, KONI Parimo dan PASI Kabupaten Parimo, di aula Dinas PU Provinsi Sulteng, Senin (20/3/2023).

 

PALU – Setelah sukses menggelar Equator Run 10 K 2022, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), dipercaya tuan rumah Khatulistiwa Marathon sekaligus Kualifikasi PON 2024.

 

Bacaan Lainnya

Event ini mendapat dukungan penuh dari Gubenur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura AIFO sebagai Bapak Olahraga, Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu dan ketua umum KONI Sulawesi Tengah M Nizar Rahmatu.

 

Khatulistiwa Marathon dilaksanakan pada 21 Mei 2023. Event ini termasuk Babak Kualifikasi PON nomor marathon. Lebih 20 pelari nasional yang akan bersaing mengejar limit nasional.

 

Ajang kualifikasi khatulistiwa marathon ini adalah pertama dilaksanakan di luar pulau Jawa dan Bali. Sejalan dengan Sulteng Emas 2024, Gubernur Sulteng menginginan seluruh cabang olahraga berjaya PON 2024, salah satunya atletik.

 

“Masyarakat Sulawesi Tengah dan Parigi Moutong secara khusus patut berbangga dengan adanya kegiatan ini,” ujar Ketua Umum PASI Sulteng Dr Faidul Keteng yang juga Kepala Dinas PU Provinsi Sulteng saat memimpin rapat bersama dengan Dinas Pemuda Olahraga provinsi Sulawesi tengah, Disporpar Kabupaten Parimo, Pengprov PASI Sulteng, KONI Sulteng, KONI Parimo dan PASI Kabupaten Parimo, di aula Dinas PU Provinsi Sulteng, Senin (20/3/2023). Hadir dalam rapat, Wakil Ketua Umum KONI Sulteng H Alizam Lamadau AIFO, Kadisporpar Parimo Mawardin Tjambaru.

 

Khatulistiwa Marathon menyuguhkan nuansa baru dari event marathon lainnya di Indonesia.  Pelari akan melewati rute sepanjang 42,195 km. Rute yang ditawarkan ini menyuguhkan alam pesisir pantai, persawahan serta pemukiman pedesaan khas Parigi Moutong, tepatnya di tugu khatulistiwa kecamatan Tinombo selatan.

 

View sport tourism ini sejalan dengan program Bupati Parigi Moutong dalam pengembangan potensi pariwisata melalui program Parimo khatulistiwa.

 

“Event ini akan banyak diikuti pelari nasional, karena selain pemandangan alam yang ditawarkan berbeda dengan provinsi lain. Keunggulan lainnya pada jalur yang dilintasi itu rata, tidak naik turun yang membuat peserta cepat lelah,” ujar Ketua Harian Pengprov PASI Sulteng Muh Warsita.

 

Satu keunggulan lainnya kata Warsita yaitu, pada rute yang dilewati tidak bolak-balik atau monoton yang membuat peserta cepat bosan.

 

Pemda Parimo selaku tuan rumah penyelenggara menyediakan bonus kepada juara. Bukan hanya itu, Pemda Parimo juga memeriahkan event pertama kualifikasi marathon di Pulau Sulawesi Ini, digelar terbuka atau open. Bakal kemungkinan pelari asing pun bisa turut serta dalam event ini.

 

Panitia juga membuka kategori lainnya memeriahkan Khatulistiwa Marathon, seperti kids atletik, kejurda, kejurkab, festival durian, serta kejuaraan atletik pelajar. (*)

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *