Pelantikan dan Raker Rakerda Alti Sulteng, Husin Alwi Minta Perhatikan Atlet

Sekretaris Umum KONI Sulteng Husin Alwi AIFO-P pada pembukaan Rakerda Alti Sulteng di BPSDM Sulteng, Rabu (1/2/2023)

PALU, konisulteng – Sekretaris Umum KONI Sulteng Husin Alwi ST AIFO-P, menekankan kepada pengurus cabang olahraga di Sulawesi Tengah mengeyampingkan ego kelembagaan dalam tata kelola organisasi. Ego yang terlalu tinggi, bisa berdampak merugikan atlet dan potensi atlet.

Ia mengamati langsung pada pelaksanaan Porprov IX 2022 di Banggai. Saat di Porprov ada atlet yang tidak diizinkan kepengurusan berangkat namun tetap bertanding. Alhasil, saat atlet ini berhasil dapat medali namun tidak diakomodir sama sekali oleh pengurus.

“Pulang sendiri berangkat sendiri. Sampai akhirnya teman-temannya yang lain meraih penghargaan, dia sendiri menangis karena tidak meraih penghargaan. Begitu tinggi egonya pengurus, begitu tinggi egonya kelembagaan sehingga tidak memperhitungkan atlet,” kata Husin pada Raker Pengurus Alti Sulteng di BPSMD Sulteng, Rabu (1/2).

Bacaan Lainnya

Keolahragaan tidak hanya fokus pada pengembangan atlet melalui kompetisi. Tetapi juga tata kelola organisasi. Dia berharap para pengurus tidak hanya mengejar kemenangan, tapi juga memperhatikan kesiapan atlet. “Kita cenderung berorientasi pada mengikuti kegiatan, hampir lupa atlet itu lebih penting daripada kemenangan,” tandasnya.

Ia berharap semua induk cabang olahraga dalam naungan KONI, tidak demikian. Ia meminta setiap cabang olahraga lebih mementingkan atlet (atlet first) baru prestasi (winning second).

Rakerda Alti Sulteng 2023

Rapat Kerja Daerah Alti Sulteng dirangkaikan dengan pelantikan  10 pengurus Alti daerah yaitu Kota Palu, Kabupaten Sigi,  Donggala, Parigi Moutong, Poso, Toli toli, Morowali, Morowali Utara, Bangkep, dan Banggai.

Raker dan pelantikan Alti dibuka langsung oleh ketua umum PB Alti, Bima Arya Sugiarto secara daring. Turut hadir Sekretaris KORMI Sulteng Dharmawangsa, Kepala Sekretariat KONI Sulteng Idrus Sahar Muhammad AIFO-P, serta Ketua Harian Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sulteng Muhammad Warsita.  (*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *