Pemda dan KONI Parigi Moutong Siap Lahir Batin Sukseskan Pra PON Bola Voli dan Atletik Pertama Kalinya di Sulteng

Peninjauan venue Pra PON Wil. IV Voli Indoor di Parigi, oleh tim dari PBVSI Pusat.

PARIGI MOUTONG, konisulteng – Pemerintah daerah Kabupaten Parigi Moutong akan menggoreskan tinta emas dalam sejarah olahraga Sulteng.

 

Dua event akbar dalam gelaran olahraga nasional, pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong selaku tuan tumah rumah Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) Cabang olahraga atletik dan bola voli indoor.

Bacaan Lainnya

 

Pelaksanaan BK PON atau Prakualifikasi PON atletik nomor marathon akan dilaksanakan pada Mei 2023 di kecamatan Tinombo. Pelaksanaan Pra PON Marathon telah tertuang dalam surat PB PASI yang ditandatangani Sekjend PB PASI Tigor M Tanjung dan Sekjend KONI Pusat Drs Tb Lukman Djajadikusuma MEMOS.

 

Sementara kepastian tuan rumah BK PON Bola Voli Indoor akan diputuskan pada Musyawarah Nasional PBVSI pada Mei 2023.

 

Sekaitan dengan persiapan BK PON Bola Voli, Tim dari Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Wakil Ketua Bidang Pertandingan Reginald Cristian Nelwan bersama Sekretaris Umum PBVSI Sulteng Aprelius Balebu meninjau secara langsung Gedung Olahraga (GOR) yang terletak di Kecamatan Patigi Barat, Kamis sore (26/1/2023). GOR indoor ini bisa menampung hingga 4 ribu penonton sebagai venue Pra PON Bola Voli Wilayah IV Sulawesi.

 

Peninjauan dari tim PP PBVSI itu didampingi oleh Ketua Umum KONI Parigi Moutong Faisan Badja dan Kepala Dinas Penuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parigi Moutong Mawardin Djmabaru SSi MSi.

 

Ketua KONI Parimo Faisan Badja yang akrab dipanggi Lelo mengatakan KONI Parigi Moutong mengatakan siap lahir batin menyukseskan Pra PON Wilayah IV Bola Voli. Sebagai insan olahraga, Ia mengapresiasi Bupati Parigi Moutong Samrurizal Tombolotutu begitu gigih menyiapkan gedung indoor yang memenuhi standar event nasional.

 

“Alhamdulillah bapak Bupati kita sangat mendukung dalam pengembangan Olahraga di Kabupaten Parigi Moutong. Dengan dukungan Bapak Bupati, Insya Allah kita siap lahir batin. Saya juga atas nama KONI Parigi Moutong meminta dukungan kepada peserta Munas PBVSI khususnya se Sulawesi pelaksanaan BK PON Bola Volid Indoor dilaksanakan di Parigi Moutong,” kata Lelo.

 

Kepala Disporapar Parigi Moutong Mawardin menambahkan, GOR Indoor ini bakalan selesai dalam beberapa hari kedepan. Adapun GOR yang dibangun melalui anggaran APBN Kemenpora ini dalam progres finishing. “Tinggal dipasang matras yang sudah ada sekarang,” kata Mawardin yang juga Ketua Umum PASI Parigi Moutong.

 

Dukungan masyarakat Parigi Moutong menyukseskan BK PON sangat besar. Mawardin memastikan GOR ini memenuhi spek pertandingan internasional, dikhususkan pertandingan Indoor seperti bola voli, bulutangkis dan basket. Senada juga disampaikan Aprilius, GOR Indoor Parigi Moutong memenuhi kriteria venue BK PON.

 

“Hasilnya layak, tinggal kita sampaikan ke Munas dan meminta dukungan dari Provinsi peserta wilayah IV bersedia BK PON Bola Voli dilaksanakan di Sulteng,” kata Aprilius. (barrbar)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *