Sambut PON Perairan dan Pantai, Tidak Sekadar Penggembira Sulteng Punya Atlet Unggulan

Ketua Umum KONI Sulteng Nizar Rahmatu SSos AIFO dan Sekretaris Umum KONI Sulteng Husin Alwi ST AIFO selaku Ketua Tim Persiapan PON Perairan dan Pantai 2024 di Provinsi Sulteng.

 

PALU, konisulteng.or.id – Disamping mengangkat sport tourism di Negeri Seribu Megalit, Pekan Olahraga Nasional Perairan dan Pantai 2024 di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) juga ajang prestise olahraga dan prestasi.

Ketua Umum KONI Sulteng M Nizar Rahmatu mengatakan, selaku tuan rumah, tentunya tidak ingin sekadar penggemberira semata. Sulteng memiliki atlet-atlet yang diyakini bisa mengangkat nama Sulteng pada PON Air dan Pantai.

Bacaan Lainnya

“Di cabor Selam, kita punya tiga anak Donggala yang punya catatan rekor itu di atas rata-rata PON. Berarti dia punya level tingkat Asean. Artinya kalau ukuran  secara di atas kertas bisa mendulang emas,” kata Nizar Rahmatu pada jumpa pers sebelumnya.

Disamping selam, cabang olahraga unggulan lainnya yaitu renang dan dayung. Atlet renang Sulteng tentu tidak diragukan lagi setelah kehadiran Azzahra Permatahani dkk yang saat ini sedang try out pelatnas persiapan SEA Games 2023 Kaboja. Begitu juga dengan cabang olahraga dayung, diperkuat Rio Riski dkk yang sama sedang mengikuti pelatnas SEA Games 2023 Kamboja.

Keuntungan selaku tuan rumah, Provinsi Sulteng bisa memnentukan cabang olahraga tradisional yang dipertandingkan, misalnya perahu layar atau sandeq.

Nizar berharap, PON Air dan Pantai bisa tergarap maksimal mengangkat potensi pariwsata serta perekonomian di Sulteng. Serta bisa mengangkat prestise dan prestasi olahraga Sulteng.

Sementara itu, Ketua Tim Persiapan PON Air dan Pantai Husin Alwi mengatakan, PON Air dan Pantai dikemas dengan semenarik mungkin. Menurutnya, kesempatan emas ini dimanfaatkan sebaik mungkin agar bisa mendongkrak kunjungan wisata dan lainnya.

“Ini momentum yang tidak datang dua kali. Jadi benar-benar harus dipersiapkan sebaik mungkin dan serapi mungkin, mulai dari dinas pariwisatanya serta stakeholder lainnya,” ujar Husin Alwi.

KONI Sulteng yang bakal menjadi panitia besar, juga siap membantu secara teknis kesiapan dalam pelaksanaan PON Air dan Pantai. (*)

BAR/ Media Center KONI Sulteng

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *